yes
no
10/Promotion/slider
no
no

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

 

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

Facebook Ads merupakan sarana platform iklan terbesar dibandingkan dengan sosial media lainnya. Untuk Anda sebagai seorang pengusaha, wajib mengetahui bagaimana cara beriklan di Facebook!


Apakah Anda seorang pengusaha yang terbiasa menggunakan iklan di sosial media? Jika iya, Anda pasti terbiasa mencari informasi yang berkaitan dengan seputar fundamental seperti peranan dan bagaimana cara meng-optimasi pixel. Dan belajar memahami bagaimana cara mendapatkan target audiens yang sesuai dengan target market Anda.

 

Dan jika Anda belum pernah berpengalaman melakukan cara beriklan di Facebook, pasti setidaknya ketika Anda berada di blog ini yang artinya Anda ingin mencari tahu bagaimana cara menggunakan iklan di Facebook. Anda sudah mempunyai niat untuk mencari tahu.

 

Percaya deh, Jika Anda sudah terbiasa menggunakan iklan di Facebook. Pasti Anda akan dengan lebih mudah menggunakan Facebook Ads dan lebih mudh memahami apa yang nanti akan kami beritahu kepada Anda cara beriklan di Facebook. Ya, karena cara beriklan di Facebook dari dulu hanya begitu-begitu saja. Tidak banyak perubahan, justru yang banyak berubah ya otak dan mindset Anda sebagai seorang pebisnis. Tidak akan konsisten, jika mindset dan cara mikir Anda sudah salah. Maka, sasaran target Anda pun tidak akan berjalan dengan baik.

 

Disini saya akan membatasi bagaimana cara beriklan di Facebook dengan mudah dan benar, sampai iklan Anda berhasil tayang dan dapat menjangkau audiens serta mendapatkan engagement dan interaction (klik, like, comment & share).

 

So, let’s do this.

 

Cara Beriklan di Facebook

 

Pertama : Silahkan buka dashboard Ads Manager. Udah tau kan caranya? Setelah itu pada menu garis 3 di kiri atas cari Ads Manager dan klik.

 

Ada 3 tab utama yakni, campaign, Adset dan Ads. Itulah struktur iklan Facebook.

 

Kedua : Silahkan klik tombol “create” seperti ditunjukan pada anak panah. Maka akan muncul halaman pop up baru.

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

Campaign Name

 

Berikan nama campaign Anda. Nama ini akan mewakili iklan Anda secara keseluruhan. Jadi, Anda harus memberikan nama yang general. Seperti gambar dibawah, saya memberikan nama “traffic – first campaign”. Traffic adalah jenis objective campaign yang saya gunakan.

 

Buying Type

 

Defaultnya adalah Auction/lelang, tidak perlu dirubah. Penayangan iklan di timeline Facebook user itu sistemnya lelang, berrdasarkan budget & tingkah relevansi ikla dengan target audiens.

 

Campaign Objective

 

Pilih campaign berdasarkan kebutuhan. Untuk saat ini, saya memilih traffic karena ingin menggiring audiens untuk masuk ke web.

 

Dengan menggunakan objective Traffic maka Facebook akan menampilkan iklan saya kepada audiens yang suka melakukan klik dan masuk ke dalam web saya.

 

Budget Optimization

 

Untuk pengaturan budget iklan, Anda dapat melakukan di bagian Adset. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur budget di campaign untuk di alokasikan Facebook ke Aadset-Adser yang Anda jalankan. Porsi pemberian budget disesuaikan dengan performa iklan.

 

Adset yang bagus akan dikasih jatah budget yang lebih banyak. Ini adalah fitur yang dapat memudahkan Anda dalam pengaturan budget dapat ke sasaran yang lebih tepat hanya dilihat dari performa nya yang bagus saja.

 

Update : Semua akun sekarang sudah dipaksa Facebook untuk memakai CBO

Masih di dalam halaman pop up pembuatan campaign, Anda juga diminta memasukan nama Adset dan Ads seperti gambar dibawah ini. Perhatikan format penulisannya.

 

Tidak harus seperti itu, sebenarnya itu hanya versi menurut saya saja agar lebih mudah mengidentifikasi isi sebuah Adset atau Ads tanpa perlu membukanya. Jika sudah, klik save to draft.

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

Langkah ketiga : Anda akan masuk ke halaman pengaturan iklan seperti gambar dibawah ini. Kolom sebelah kiri adalah struktur iklan Anda. Ada campaign, di dalamnya berisi satu Adset dan didalam Adset ada satu Ads. Ayo kita lanjut.


Pengaturan Campaign

 

Bagian Campaign

 

Dibagian ini Anda tidak perlu merubah apapun karena di dalam campaign tidak ada pengaturan apapun. Kecuali Anda split test beberapa Adset dan menggunakan fitur CBO seperti tanda arah panah, maka Anda harus memasukan nominal budget. Dan fitur ini sudah permanent, tidak bisa di on-off kan.

 

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

Pengaturan Adset

 

Bagian Adset

 

Masuk ke bagian Adset yang memiliki cukup banyak hal yang diatur. Tidak perlu pusing, saya akan membedakannya satu per satu. Perhatikan gambar di bawah ini.

 

Adset Name

 

Ini adalah field penamaan Adset. Anda sudah melakukannya di awal pembuatan campaign. Jadi, tidak perlu diganti, dibiarkan apa adanya saja.

 

Traffic

 

Saat user Facebook klik iklan Anda mau dibawa kemana? Website, App, Messenger, atau Whatsapp? Dalam iklan ini saya ingin membawa user masuk ke website.

 

Dynamic Creative

 

Dengan fitur ini Anda bisa menjalankan satu Ads dengan maksimal 5 caption, 5 headline, 5 deskripsi dan 5 image. Algoritma Facebook akan merotasi pengguna nya berdasarkan yang paling relevan untuk Audience iklan Anda.

 

Audience Definition

 

Di kolom sebelah kanan tertera angka 130.000.000 yang menunjukkan jumlah pengguna Facebook yang akan dijangkau dengan Adset ini. Kok banyak amat ? Yaiya, kan Adsetnya masih default, belum di setting apa-apa. Jadi audience nya juga masih broad / luas.

Nanti ketika sudah dimasukkan pengaturan usia, gender, tempat tinggal dan detailed targetting, maka angkanya akan semakin spesifik. Idealnya berapa ? Ngga ada patokan baku. Untuk budget dibawah 200.000 per hari,  audience saya ngga lebih dari 1.5 Juta.

 

 

Estimated Daily Result

 

Ini adalah Indikator yang menunjukkan berapa jumlah orang yang bisa dijangkau dengan iklan ini, dan berapa orang yang diperkirakan akan melakukan klik ( kenapa klik ? Soalnya saya menggunakan objective campaign Traffic kan ).

Indikator ini dipengaruhi oleh budget iklan yang Anda anggarkan.

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook


Offer

 

Di bagian offer biarinkan saja mati. Untuk awal Anda tidak terlalu butuh fitur ini.

 

Budget & Schedule

 

Anda dapat menentukan anggaran iklan. Seperti harian, berjangka waktu. Misalnya, 15.000 per hari ( budget harian ) atau 150.000 untuk 10 hari ( Jangka waktu ). Mana yang bagus? Saya pribadi ngga melihat perbedaannya keduanya terlalu signifikan sih, jadi lebih sering pakai yang budget harian aja.

Di bagian Start Date,  Anda dapat menjadwalkan iklan untuk nanti. Di bagian End Date Anda juga bisa menentukan waktu iklan mati, atau biarkan berjalan sampai Anda yang mematikan.

 

Kalau pakai sistem budget berjangka waktu, maka End Date harus ditentukan ya. Dan keunggulan sistem budget berjangka waktu, Anda dapat menggunakan fitur Ad Scheduling. Yakni mengatur iklan tampil di hari apa dan jam berapa aja.

 

Kalo udah tahu target audience Anda, sah-sah aja Anda pakai fitur ini. Tapi kalau cuma nebak-nebak dengan harapan penggunaan budget lebih efisien karena iklan hanya tampil di waktu tertentu, saran saya jangan pakai fitur ini.


Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

Scroll lagi tampilan Adset Anda ke bawah, dan akan masuk ke tahap Audience seperti gambar di bawah. Ini adalah salah satu fase krusial di dalam pengaturan Adset. Kalau Anda ngga ngerti, atau ngaturnya ngawur, bisa dipastikan iklan bakalan boncos, hahaha.

 

 

Custom Audiences

 

Masih ingat kan tentang custom audience asalnya dari mana ? Nah kalau Anda udah punya custom audience bisa dimasukkan di kolom ini ya. Ada tombol exclude juga, kalau Anda mau mengecualikan audience tertentu agar ngga kena iklan Anda.

Misal Anda menargetkan iklan ke orang-orang yang sudah ViewContent landing page produk Anda, namun mengecualikan orang-orang yang sudah Purchase.

 

Locations

 

Anda bisa menargetkan radius jarak tertentu, kota-kota tertentu, atau negara-negara tertentu saja. Perubahan di bagian ini akan mempengaruhi jumlah potential reach di kolom sebelah kanan. Pada contoh di bawah saya memasukkan Jakarta.

 

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

Lanjut scroll lagi ke bawah, cukup banyak yang perlu diatur di bagian Adset. Untuk Anda yang baru pertama ngiklan, jangan pusing
ya, kita baru mulai nih, hahaha.

Age & Gender

 

Anda bisa menentukan usia dan jenis kelamin target audience yang akan melihat iklan Anda. Pastikan Anda sudah mengenali target audience ya, jadi di bagian ini ngga kebingungan.

Saat memasukkan rentang usia dan jenis kelamin juga otomatis mempengaruhi jumlah potential reach di sebelah kanan akan menjadi lebih kecil / spesifik.

Detailed Targetting

 

Di bagian ini Anda bisa memasukkan behaviour, demographic, dan juga interest mereka. Kalo bingung klik aja Browse, akan ada list tersedia, Anda tinggal baca-baca dan pilih-pilih aja.

Pada contoh kali ini saya akan beriklan paket wisata Bromo untuk orang-orang yang suka liburan, supaya mereka mau beli paket wisata dan liburan ke Bromo menggunakan jasa saya ( hanya ilustrasi saja ). Jadi saya memasukkan beberapa interest ini :

  • Frequent travellers
  • Agoda.com
  • Traveloka


Artinya, saya mengasumsikan orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan situs Agoda, atau Traveloka, atau yang kebiasaannya bepergian ( frequent travellers ), mereka cocok untuk diajak liburan menggunakan paket wisata yang saya tawarkan.

Ini adalah cara menargetkan audience dengan cara yang sederhana banget. Seperti saya bilang di awal, goal tulisan ini adalah agar Anda bisa beriklan sampai iklannya tayang. Bukan mengoptimasi performa iklan. Soal optimasi saya bahas di artikel terpisah.

Penggunaan detailed targetting juga berpengaruh lho terhadap jumlah potential reach. Jadi jangan sampai terlalu kecil ( biasanya iklan jadi mahal ) atau terlalu besar / broad ( biasanya jadi ngga tertarget, kecuali budget harian juga besar ).

Bagaimana cara beriklan di Facebook

Masih lanjut lagi di bagian Adset, silahkan lihat gambar di bawah. Ada fitur Connections yang memungkinkan Anda untuk beriklan kepada audience yang like Fanpage Anda, atau mengecualikan audience yang sudah like Fanpage Anda.

 

Bisa juga beriklan kepada friendlist dari orang-orang yang sudah like Fanpage Anda. Sangat powerfull dan tertarget bukan ? Anda harus manfaatkan semaksimal mungkin.

Placement

 

Untuk tahap awal biarin aja Automatic, nanti algoritma Facebook yang akan mengatur, iklan Anda paling bagus interaksinya saat ditampilkan dimana.

Kalau mau pilih Edit Placement boleh-boleh aja, Anda bisa lihat-lihat ada pilihan placement apa aja yang tersedia. Ada Facebook, Instagram, Messenger, dan Audience Network.

Bagaimana cara beriklan di Facebook

Optimization & Delivery

 

Fase terakhir dari pengaturan Adset adalah optimalisasi kinerja Adset Anda. Di awal kan saya memilih objective campaign Traffic, artinya iklan saya akan ditampilkan Facebook kepada target audience yang suka klik iklan, Benar ?

Pada bagian Optimization ada fitur baru ( ngga baru-baru amat sih ) yang memungkinkan Adset di optimasi : Landing Page Views. Artinya Facebook akan mencari orang-orang yang sering klik iklan dan menunggunya hingga masuk ke website. Jadi ngga cuma sekedar klik.

Lebih berkualitas kan ? Buat apa banyak klik kalau yang masuk ke web sedikit. Artinya audience ngga akan baca penawaran produk Anda dong.

Bagaimana cara beriklan di Facebook

Sampai di tahap ini pengaturan Adset iklan Anda sudah selesai. Cukup panjang bukan ? Saya sudah menjelaskan masing-masing fungsinya secara detail dan berurutan, jadi saya harap Anda ngga terlalu kesulitan saat mengaturnya sendiri.


Pengaturan Ads

Langkah keempat : Silahkan klik bagian Ads di struktur menu sebelah kiri. Di bagian ini Anda akan mengatur tampilan konten iklan yang tayang kepada target audience. Konten harus menarik, dan mampu memikat user untuk melakukan klik.

Ad Name

Lihat gambar di bawah. Ad name sudah Anda lengkapi di bagian awal pembuatan campaign. Kalau ngga ada perubahan, silahkan lewati bagian ini.

Identify

Di bagian ini Anda harus memilih iklan ini akan ditampilkan oleh akun Fanpage dan Instagram yang mana ( berlaku jika Anda memiliki lebih dari satu akun ). Kalau pakai Automatic Placement otomatis penempatan iklan juga ada di Instagram.

Di kolom sebelah kanan adalah preview tampilan iklan Anda jika sudah tayang. Jadi setiap data yang Anda isi di kolom sebelah kiri, akan tampil di kolom yang kanan.

 

bagaimana cara beriklan di Facebook

Masih di bagian Ads, silahkan memilih image iklan Anda. Disana udah tercantum keterangannya ya, tentang berapa ukuran gambar yang direkomendasikan.

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

Text

 

Di bagian ini Anda bisa menuliskan caption iklan. Tulis semenarik mungkin, dan saran saya ngga usah terlalu panjang, apalagi sampai muncul “See More” biasanya audience males klik.

Tujuan iklan Anda adalah untuk membuat audience tertarik melakukan aksi ( klik ) dan masuk ke web Anda. Nah di dalam web itulah baru terjadi proses selanjutnya.

Website URL

 

Masukkan alamat web / landing page produk Anda. Jadi saat iklan di klik akan menuju halaman tersebut. Awas, jangan bikin landing page yang aneh-aneh, karena Facebook juga akan menelusuri halaman web Anda untuk melihat apakah ada gambar / tulisan yang melanggar.

Display Link

 

Ini optional, bisa Anda masukkan / ngga. Kalau saya biasanya dimasukkan dengan URL domain, agar terlihat lebih bagus tampilannya ( lihat tampilannya di kolom sebelah kanan ).

 

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

Headline

Lanjut lagiii. Perhatikan gambar di bawah. Buatlah headline semenarik mungkin, karena letaknya cukup bisa untuk menarik perhatian audience yang melihat iklan Anda di timeline mereka.

News Feed Link Description

Bagian ini memuat kalimat yang cukup kecil, letaknya dibawah headline. Kalimat ini biasanya untuk memperjelas maksud dari headline. Kalau headline Anda terlalu panjang, bagian ini ngga akan tampil kalau dibuka di smartphone.

Call to Action

Berupa tombol dengan kata di dalamnya. Harapannya audience yang melihat mau klik tombol ini, dan akhirnya masuk deh ke web Anda. Pilihan tombolnya ada banyak, seperti download, sign up, watch more, learn more, dan banyak lagi.

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

Facebook Pixel

 

Defaultnya bagian ini biasanya mati. Nah silahkan Anda hidupkan, supaya semua pengunjung yang masuk ke web Anda melalui iklan ini direkam pixelnya. Nantinya Anda bisa mempelajari data-data iklan dengan mudah.

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook


Sampai di tahap ini, proses pengaturan iklan Anda sudah selesai. Setelah itu klik close di pojok kiri bawah, maka Anda akan kembali ke halaman Ads Manager, dengan campaign baru di dashboard Anda ( statusnya masih draft ) seperti gambar di bawah ini.

Bagaimana Cara Beriklan di Facebook

Di bagian kanan atas ada 3 item yang bisa di publish. Kenapa 3 ? Kan Anda membuat 1 campaign, berisi 1 Adset, dan 1 Ads. Jadi totalnya ada 3 item. 

 

Langkah terakhir : silahkan klik Review and Publish. Tinggal tunggu deh.

Facebook akan me-review seluruh isi iklan Anda, termasuk isi landing page tujuan iklan tersebut. Selama proses review maka status iklan Anda berubah dari draft menjadi in-review.

 

Jika sudah selesai di review dan ngga ada masalah, maka status iklan menjadi active dan iklan Anda mulai ditayangkan kepada target audience yang sudah di setting sebelumnya.

Jika sudah selesai di review dan ngga ada masalah, maka status iklan menjadi active dan iklan Anda mulai ditayangkan kepada target audience yang sudah di setting sebelumnya.

            

Tujuan dari artikel ini adalah agar Anda dapat belajar cara beriklan di Facebook, ketika Anda sudah mulai terbiasa maka Anda dapat belajar bagaimana cara meng-optimasi iklan dan memilih sasaran audiens yang tepat.

 

Jika Anda belum memahami dengan baik secara pribadi apa yang saya sampaikan, maka saya ingin merekomendasikan kepada Anda para pebisnis yang tidak memiliki waktu yang banyak hanya untuk belajar beriklan di Facebook. Saya akan merekomendasikan layanan digital marketing yang professional dan pastinya selalu up to date dalam memenuhi keinginan serta kebutuhan yang Anda inginkan, yaitu Faberhost.

 

Silahkan hubungi contact person di nomor 0897-8555-777 atau jika Anda ingin mengunjungi situs instagram nya, maka kunjungi @Faberhost.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

no
FaberHost Indonesia adalah Perusahaan yang menyediakan jasa layanan Web Design and Development, Hosting Service Provider dan Digital Marketing Agency yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Hubungi Kami di 021-45854322 atau Email di info@faberhost.com [FaberHost Indonesia] (http://www.faberhost.com/images/logo-faberhost-blog.png)