yes
no
10/Promotion/slider
no
no

Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Beriklan

 

Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Beriklan



Anda ingin melakukan iklan untuk produk ataupun jasa Anda? Yuppp, Anda pun harus tahu apa saja sih persiapan yang dilakukan ketika ingin beriklan. Apa saja hal penting yang harus Anda ketahui untuk beriklan?

 

Jika Anda pembaca setia artikel saya mungkin sudah sedikit tahu bagaimana cara beriklan di Facebook seperti yang sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya. Facebook Ads tidak memiliki perbedaan yang signifikan dan caranya pun selalu sama. Memang sih jika diperhatikan Facebook banyak melakukan update, namun secara keseluruhan cara membuat campaign masih sama dan tidak akan membuat bingung jika Anda pernah melakukan iklan di Facebook.


baca  juga : bagaimana cara beriklan di Facebook


Sebenarnya kalau Anda ingin menjual produk atau jasa lewat Facebook Ads, menurut saya fase terpenting sebenarnya bukan pada setting iklannya saja. Tetapi, lebih kepada hal penting yang harus Andalakukan sebelum beriklan.


Persiapan Sebelum Beriklan

 

Tentukan produk 

 

Sebelum Anda memulai untuk melakukan iklan, pasti Anda sudah tahu produk apa yang nantinya akan dijual. Kemudian, Anda analis kelebihan dan kekurangan produk tersebut, info persaingan dengan kompetitor, dan hal-hal penting lainnya seputar produk Anda.

Semakin detail menganalisa, semakin Anda menguasai produk itu.

Ingat, customer tidak membeli produk Anda, tapi membutuhkan solusi yang Anda tawarkan melalui produk tersebut. Customer juga tidak suka dijuali, tapi mereka suka belanja, hehe.

Analisa & Tentukan Buyer Persona

 

Anda mau jualan ke siapa ? Usia berapa ? Tinggal dimana ? Kerjaannya apa ? Kesukaannya apa ? Suka nongkrong dimana ? Hobinya nonton apa ? Dan banyak lagi data yang bisa digali.

Semakin detail Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan semakin baik Anda mengenali calon target konsumen. Ingat, saat beriklan di Facebook Anda sedang menawarkan solusi kepada orang yang membutuhkan. Kalo ngga butuh ? Ya ngga akan beli.

Dan berbekal data-data buyer persona diatas nantinya akan memudahkan Anda saat mengatur targetting Adset iklan di dalam dashboard Ads manager.

Tentukan Tujuan Beriklan di Facebook

 

Mau di giring ke web kah ? Mau di suruh hubungi Whatsapp ? Atau mau diarahkan ke FB Messenger ? Anda harus pastikan ini, sehingga bisa menentukan jenis campaign yang tepat.

Dengan mengetahui tujuan beriklan di Facebook juga akan memudahkan Anda dalam membaca data di dashboard Ads manager. Anda jadi lebih paham metriks-metriks apa saja yang harus diperhatikan, terkait dengan goal iklan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

 

Tentukan Parameter Split Test

 

Kalau Anda sudah yakin & pede dengan riset audience nya, yaudah ngga perlu split test. Tapi saya sarankan tetap lakukan split test, untuk mengetahui komposisi iklan yang terbaik.

Apa saja yang perlu di tes ? Di bagian Adset bisa tes usia, jenis kelamin, kota tempat tinggal, atau pengelompokkan interest. Split test adalah langkah menemukan “komposisi” terbaik.

Persiapkan Materi Iklan

 

Buat target market Anda stop scrolling timeline mereka saat melihat gambar iklan Anda, dan penasaran untuk klik saat membaca Ad copy iklan yang Anda buat.

Di bagian Ads juga bisa melakukan split test, misalnya antara video & gambar, atau Ad copy yang berbeda, atau bahkan produk yang berbeda. Banyak sekali variabel yang bisa dijadikan parameter split test, sesuaikan dengan kebutuhan Anda saja ya.


Persiapan Tahap Akhir


Setelah menyelesaikan 5 persiapan sebelum beriklan, baru deh masuk ke Ads Manager untuk mulai beriklan di Facebook. Paling hanya 45 – 60 menit untuk membuat sebuah campaign.

Hubungin www.faberhost.com, jika Anda memerlukan bantua untuk masalah digital. Kami akan membantu Anda memasarkan produk ataupun jasa yang dijual secara digital melalui Facebook Ads. Karena kami merupakan layanan digital marketing professional di Jakarta serta ditangani oleh tenaga kerja yang kreatif, ahli dibidang digital serta sangat up to date untuk memenuhi kebutuhan Anda.


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

no
FaberHost Indonesia adalah Perusahaan yang menyediakan jasa layanan Web Design and Development, Hosting Service Provider dan Digital Marketing Agency yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Hubungi Kami di 021-45854322 atau Email di info@faberhost.com [FaberHost Indonesia] (http://www.faberhost.com/images/logo-faberhost-blog.png)