yes
no
10/Promotion/slider
no
no

Intel Mulai Menggunakan GPU Dalam Berburu Virus


Beberapa waktu lalu dunia sempat digemparkan dengan serangan malware alias virus jahat yang dengan ganas menyerang otak computer kita. Guna menanggulangi serangan ini biasanya dilakukan proteksi yang selama ini ditangani oleh CPU – prosesor utama. Tentunya pekerjaan ini akan menghabiskan sumber daya sistem pada CPU secara membabi buta.

Berita baiknya adalah saat ini Intel yang merupakan raksasanya di dunia computer ini sedang bahkan sudah mulai mengembangkan teknologi untuk mengalihkan pemprosesan pendeteksi virus ke chip pengolah grafis – GPU.


Teknologi ini dikembangkan agar beban CPU menjadi lebih ringan untuk mengalihkan pemprosesan pendeteksi virus ke GPU yang memang banyak diintegrasikan pada prosesor-prosesor modern Intel seri Core.



Biasanya pemindaian – malware ini ditangani oleh prosesor grafis terintegrasi Intel. Hal ini membuat pemindai yang dilakukan dapat lebih banyak, sementara pemakaian kinerjanya dan daya menjadi berkurang.


Disinilah Intel menggunakan cara pemindaian baru bernama Acccelerated Memory Scanning dan Intel yakin bahwa kelak angka CPU utilization – pemakaian sumber daya, saat menjalankan proteksi dengan memindai memori akan turun dari angka 20% menjadi hanya 2%.


Pengaruh dari cara ini adalah komsumsi daya sistem akan ikut berkurang sehingga dapat menghemat baterai perangkat seperti laptop. Sistem Acccelerated Memory Scanning ini juga akan ‘memperdayakan’ GPU yang selama ini tidak terlalu banyak digunakan di dalam prosesor.


Rencananya Acccelerated Memory Scanning ini akan diproduksi khusus untuk prosesor Intel seri Core mulai dari generasi ke-6 (Skylake) dan yang terbarunya. Walau kelak akan dipergunakan untuk mendeteksi virus, penggunaan GPU nya di chip Intel untuk keperluan tersebut akan diserahkan langsung kepada pabrik software anti-virus yang bersangkutan.


Sebagai langkah awalnya Intel telah menggandeng Microsoft yang akan mengintegrasikan Acccelerated Memory Scanning di program Windows Defender Advanced Threat Protection dalam waktu dekat ini.



Sumber : tekno.kompas.com

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

no
FaberHost Indonesia adalah Perusahaan yang menyediakan jasa layanan Web Design and Development, Hosting Service Provider dan Digital Marketing Agency yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Hubungi Kami di 021-45854322 atau Email di info@faberhost.com [FaberHost Indonesia] (http://www.faberhost.com/images/logo-faberhost-blog.png)