yes
no
10/Promotion/slider
no
no

Tips Hindari Kebocoran Akibat Spectre dan Meltdown



Sekitar awal tahun 2018 lalu beberapa peneliti di bidang IT menemukan ketidakwajaran yang fatal dan berdampak pada keamana data pada sejumlah prosesor Intel dan ARM. Adanya kelemahan ini selanjutnya diberikan nama sebagai Meltdown dan Spectre.


Mengapa Meltdown dan Spectre ini sangat berbahaya dan harus ditangani dengan serius ? Ternyata Meltdown dan Spectre ini mempunyai kemampuan untuk membocorkan data yang tersimpan di dalam kernel yang merupakan program inti pada sistem operasi yang menghubungkan software dengan hardware.


Oleh para hacker ternyata kelemahan ini dimanfaatkan untuk dapat menembus keamanan serta mencuri data informasi dari kernel, misalkan password manager, browser, email, foto serta dokumen lainnya.


Meltdown dan Spectre ini tidak akan pilih-pilih dalam menyerang. Semua kernel pada perangkat dengan sistem operasi jenis apapun selagi menggunakan chip Intel atau ARM, Windows, Mac OS, Android hingga iOS akan diserangnya.

Akan tetapi sekarang Anda tidak perlu terlalu khawatir karena para pengguna dapat mencegah dan melindungi perangkatnya dari gangguan Meltdown dan Spectre ini dengan melakukan pembaruan sistem. Caranya adalah :


Android


Beberapa waktu yang lalu Google memberikan penjelasan bahwa telah memasukkan update keamanan pada sistem Android. Memang update ini baru ada untuk perangkat Android buatan Google saja seperti Nexus dan Pixel.

Sedangkan Anda yang menggunakan diluar itu sepertinya harus bersabar sebelum pembaruan  ini dirilis untuk mencegah Meltdown dan Spectre menjangkiti perangkat Android.


iPhone & iPad



Bila dibandingkan Android ternyata Apple sepertinya lebih dahulu dapat mencegah Meltdown dan Spectre ini. Apple ternyata telah meng-update gangguan ini semenjak update iOS versi 11.2 di tahun 2017 lalu.

Apple mengungkapkan bahwasanya pembaruan tersebut merangkul semua mitigasi serta pengembangan perlindungan perangkat di masa mendatang. Jadi, saat ini Anda mungkin dapat memastikan lagi apakah perangkat iPhone atau iPad kepunyaan Anda sudah dilengkapi dengan update OS terbaru dengan cara :

1. Buka menu Settings → General → About

2. Perhatikan versi iOS yang sudah terpasang.
3. Bila belum dilengkapi dengan versi iOS 11.2, maka segera lakukan pembaruan.
4. Caranya dengan membuka menu Settings → General → Software update → tunggu sejenak hingga sistem pembaruan diunduh.

Windows

Microsoft telah mengumumkan telah merilis perangkat perlindungan melalui pembaruan yang terdapat pada Windows 10. Bila Anda belum merasa yakin makan Anda dapat memeriksanya terlebih dahulu dengan cara : masuk ke menu Settings → Update & security agar dapat melihat apakah terdapat program update Windows yang terbaru atau tidak khususnya pada file bernama Security Update for Windows (KB4056892).

Bila memang belum tersedia maka Anda dapat membuka menu Update history untuk memeriksa kira-kira apakah uodate sudah terpasang atau belum.

MacOS

Apple pun tidak mau ketinggalan. Apple juga memperkuat sistem keamanannya dengan melakukan update pada sistem MacOS – MacBook / iMac / Mac Pro / Mac Mini. Cara Aplle membendung Meltdown dan Spectre pada perangkat MacOS nya adalah dengan pembaruan Mac OS High Sierra versi 10.13.2 pada sekitar tahun 2017 lalu.

Agar Anda dapat mengetahui apakah perangkat tersebut sudah mempunyai versi update terbaru, caranya :

  • Klik tombol menu dengan logo Apple pada sudut kiri atas layar → pilihlah ‘About Mac’.
  • Pastikan sistem operasi yang sudah terpasang adalah Mac OS High Sierra versi 10.13.2, bila belum maka Anda dapat melakukan pembaruan.
  • Anda dapat membuka Apps Store untuk melakukan pembaruan OS dengan memilih tombol Update untuk memperbarui sistem operasi.


Jadi mulai sekarang Anda tidak perlu takut terserang Meltdown dan Spectre. Apapun perangkat yang Anda miliki dapat Anda perbarui dengan melakukan langkah-langkah di atas tadi. Semoga sukses.

  •   


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

no
FaberHost Indonesia adalah Perusahaan yang menyediakan jasa layanan Web Design and Development, Hosting Service Provider dan Digital Marketing Agency yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Hubungi Kami di 021-45854322 atau Email di info@faberhost.com [FaberHost Indonesia] (http://www.faberhost.com/images/logo-faberhost-blog.png)