yes
no
10/Promotion/slider
no
no

Bagian Keamanan Website Yang Tak Bisa Diremehkan!

 

Bagian Keamanan Website Yang Tak Bisa Diremehkan!

Ancaman kejahatan online terus meningkat. Maka dari itu, jangan bosan untuk terus melindungi website Anda. Salah satunya, dengan selalu mengutamakan protokol jaringan yang aman melalui port 443.


Nah, apa itu port 443? Apa manfaatnya untuk website Anda? Di artikel ini, kami akan membahasnya secara lengkap. Yuk, simak artikel ini!


Sebenarnya proses komunikasi data antara browser dan web server tidak hanya melalui port 443 saja. Namun, juga melalui port 80. Bedanya, port 80 merupakan port default bagi koneksi HTTP, dimana komunikasi data masih menggunakan teks biasa yang rentan diretas.


Jadi, bisa diibaratkan, port 443 adalah pintu keluar masuk bagi seluruh komunikasi data server website dengan keamanan yang terjamin.
Lalu, bagaimana cara kerja port ini untuk melindungi proses komunikasi data website Anda? Simak pembahasan selanjutnya.


Bagaimana Port 443 HTTPS Bekerja?

Pada dasarnya, port 443 bertugas sebagai pintu komunikasi data ke server yang menggunakan protokol HTTPS. Maka, prinsip kerjanya mengikuti komunikasi tersebut.

Pertama-tama, sebuah browser menyapa server tujuan. Nah, jika server sudah diinstal SSL, maka server akan merespon dengan sebuah sertifikat keamanan dan menawarkan komunikasi menggunakan protokol HTTPS. 

Jika browser setuju, komunikasi bisa dilanjutkan. Permintaan data dari browser akan dikirim dalam keadaan terenkripsi dan diterima server melalui port 443. 

Selanjutnya, server akan mengirimkan data yang diminta lewat port ini juga dalam keadaan terenkripsi. Akhirnya, browser akan menggunakan key yang dimiliki untuk membuka informasi dari server. Begitu seterusnya.

Sebagai contoh ketika Anda mengunjungi sebuah toko online dan perlu melakukan login.  Maka bisa dipastikan URL yang digunakan diawali https sebagai informasi bahwa data-data pribadi Anda akan dikirim ke server dalam keadaan terenkripsi. 

Manfaat Port 443 Untuk Website Anda

Berikut ini manfaat menggunakan port 443 dengan protokol HTTPS untuk website Anda :

1. Transfer Data Lebih Aman

Ketika menggunakan port 443, artinya proses transfer data antara browser pengunjung dengan server website lebih aman karena dilindungi oleh enkripsi SSL. 

Selain bisa melindungi data server Anda, cara ini juga sekaligus melindungi keamanan data sensitif dari pengunjung atau pelanggan website toko online Anda. 
 
2. Meningkatkan Reputasi Website

Ketika server sudah diinstal SSL dan menggunakan port 443 untuk semua komunikasi data, maka reputasi website tersebut akan lebih baik. Kenapa demikian?

Sebab, setiap komunikasi data akan hanya menggunakan protokol HTTPS dan browser akan melabeli URL website tersebut dengan logo gembok, yang berarti aman. 

Ini tentu bisa memberi kepercayaan orang untuk mengunjungi website Anda atau membuat yakin orang yang berbelanja di website toko online Anda. 

Selain itu, saat ini Google Chrome mengutamakan aktivitas browsing menggunakan koneksi HTTPS. Jadi, melengkapi server dengan SSL dan menyiapkan port 443 untuk pintu komunikasi data adalah pilihan terbaik. 
 
3. Meningkatkan Peringkat SEO Website 

Sejak 2014, Google menjadikan HTTPS sebagai ranking signal. Sesuai algoritma ini maka semua website yang belum menggunakan HTTPS tidak akan direkomendasikan ke pengguna mereka. Jadi, sulit untuk bisa jadi nomor satu di hasil pencarian.

Nah, kalau website Anda sudah mendukung komunikasi dengan protokol HTTPS melalui port 443, tentu kesempatan untuk mendapat peringkat atas di Google semakin besar.

Segera Amankan Website Anda dengan Port 443!

Sekarang, Anda sudah memahami tentang port 443, kan? Port ini merupakan pintu akses pertukaran data ke server secara aman.

Manfaat dari port 443 cukup banyak. Pertama, transfer data akan lebih aman. Kedua, reputasi website Anda akan meningkat. Ketiga, peringkat website lebih mudah naik di hasil pencarian Google.

Nah, karena port ini merupakan port standar dari protokol HTTPS, untuk menggunakannya Anda perlu menginstall SSL duluAnda bisa kok menggunakan versi yang gratis maupun berbayar.

Namun, keutamaan dari SSL berbayar adalah Anda tak perlu melakukan pembaruan setiap tiga bulan sekali yang terasa terlalu cepat. 
Oleh karena itu, Niagahoster menawarkan SSL Murah yang bisa Anda dapatkan hanya dengan 115 ribu/tahun. Dengan SSL Murah ini, Anda hanya perlu melakukan update SSL setahun sekali. 

Itu pun sudah termasuk layanan pelanggan 24 jam jika mengalami kendala, proses aktivasi instan dan dukungan enkripsi 2048 bit untuk menjamin keamanan komunikasi data. Bagaimana? Sudah tak sabar menggunakannya?

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

no
FaberHost Indonesia adalah Perusahaan yang menyediakan jasa layanan Web Design and Development, Hosting Service Provider dan Digital Marketing Agency yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Hubungi Kami di 021-45854322 atau Email di info@faberhost.com [FaberHost Indonesia] (http://www.faberhost.com/images/logo-faberhost-blog.png)