yes
no
10/Promotion/slider
no
no

Siapa Bilang Belajar Pemprograman Susah, Inilah Tipsnya !



Mungkin Anda pernah merasa bingung dan penasaran dari manakan sebuah aplikasi berasal atau Anda sebetulnya ingin dapat menciptakan sebuah aplikasi. Bila Anda tertarik dengan dunia ini maka Anda meningkatkan pengetahuan melalui software development atau bahasa gampangnya adalah pengembangan perangkat lunak.
Sedangkan untuk pengembangan perangkat lunak ini tentunya akan membutuhkan beberapa aktivitas, seperti :
  • Requirement Gathering – pengumpulan kebutuhan.
  • System Design – analisis serta perancangan sistem.
  • Implementation – pengkodean.
  • Testing – pengujian.
  • Maintenance – perawatan perangkat lunaknya.

Aktifitas-aktifitas di atas tadi merupakan sebuah siklus dari sebuah aktivitas dalam mengembangkan sebuah perangkat lunak yang dinamakan waterfall cycle. Waterfall cycle ini merupakan sebuah metode pengembangan perangkat lunak yang pernah terkenal. Seiring dengan perkembangan dunia IT saat ini sudah banyak metode pengembangan perangkat lunak salah satunya Agile.
Walaupun sudah banyak metode yang dapat digunakan tetapi pada dasarnya cara pengerjaannya hampir sama. Jadi jika Anda memang penasaran dengan dunia pemprograman ini dan ingin memperdalam ilmunya, berikut ini beberapa tipsnya agar sukses sebagai programmer, yaitu :
Jangan Bosan
Jika memang Anda ada niat untuk belajar pemprograman ini pasti akan ada jalan yang terbuka untuk Anda. Niat dan tidak bosan merupakan kunci sukses semua pekerjaan termasuk belajar pemprograman.

Walaupun Anda tidak mempunyai latar belakang pendidikan di bidang IT tapi mempunyai keinginan yang kuat untuk belajar pemprograman, Anda pasti dapat mempelajarinya. Terpenting adalah niat dan tidak cepat bosan.
Gunakan Bahasa Pemprograman yang Sederhana Tapi Populer
Memang akan banyak jenis bahasa pemprograman yang ada. Bila Anda mempunyai latar belakang pendidikan di bidang IT tentunya Anda sudah diarahkan untuk menggunakan bahasa pemprograman tertentu yang memang sudah popular.
Lalu bagaimana jika Anda tidak mempunyai latar belakang pendidikan di bidang IT ? Anda dapat mem-browsing bahasa pemprograman yang popular dan banyak digunakan. Selanjutnya Anda dapat mencari tutorial pemprograman tersebut dan meng-install tools nya. Misalkan bahasa pemprograman yang banyak digunakan adalah Java, PHP, C++, dan sebagainya.
Join Dengan Komunitas Programmer
Bila Anda sudah menentukan bahasa pemprograman mana yang akan Anda pergunakan, Anda dapat mulai mencari komunitas pemprograman yang menggunakan bahasa tersebut. Bertemu dengan banyak orang yang menggunakan bahasa yang sama dapat menambah wawasan Anda walaupun baru belajar. Bisa saja Anda akan menemukan teman yang sudah berpengalaman dan dapat berbagi ilmu.
Saat Anda sudah bergabung dengan komunitas maka Anda tidak usah sungkan untuk bertanya bila mengalami kesulitan. Selain lebih efektif bergabung di komunitas  seolah-olah Anda mendapat guru yang siap membantu Anda.
Jangan Malas Berlatih Coding
Bila Anda memang ingin belajar pemprograman maka jangan hanya membaca dan menghafalkan kode program saja. Sebetulnya cara ini sangat keliru karena sesungguhnya secala alami otak manusia akan sulit untuk menghafalkan kode program. Otak manusia hanya dapat menghafal alur logika pemprograman saja.
Bahasa pemprograman hampir mirip dengan matematika jadi jika Anda hanya membaca maka Anda tidak akan memahaminya. Anda membutuhkan banyak latihan untuk memahami kasus-kasus yang di hadapi.
Semakin banyak Anda berlatih maka Anda akan  semakin lancar dalam menyelesaikan masalah dalam pemprograman. Bila Anda belajar secara online maka Anda jangan langsung menyalin kode program tetapi hendaknya membaca pembahasannya. Pembahasan tentunya akan berisi alur logika sebuah pemprograman jadi Anda tidak akan bingung saat menemukan masalah.
Bermainlah Dengan Logika
Dalam memperlajari pemprograman logika memiliki peranan yang sangat penting. Bila Anda merasa mempunyai kendala dengan bermain logika maka Anda akan menemukan banyak kesulitan dalam belajar pemprograman.
Ada banyak cara untuk dapat membangun logika, salah satunya dengan belajat matematika dan sudah terbukti. Misalkan mempelajari kalkulus, aljabar linear, matematika diskrit, logika matematika serta statistic. Cabang-cabang matematika ini terbukti ampuh untuk membangun logika.
Jadi bila Anda tertarik untuk menjadi seorang programmer maka hal-hal diatas adalah dasar Anda untuk memulai belajar. Anda tidak perlu ragu-ragu untuk belajat pemprograman, dengan latihan yang terus menerus tidak menutup kemungkinan Anda dapat menjadi programmer yang handal




author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

no
FaberHost Indonesia adalah Perusahaan yang menyediakan jasa layanan Web Design and Development, Hosting Service Provider dan Digital Marketing Agency yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Hubungi Kami di 021-45854322 atau Email di info@faberhost.com [FaberHost Indonesia] (http://www.faberhost.com/images/logo-faberhost-blog.png)